Bladeless Fan - Kipas Angin Tanpa Baling-Baling

bladeless fan
Teknologi yang terus berkembang pesat saat ini emang nggak ada abisnya dan nggak ada matinya membuahkan produk-produk baru yang kaya inovasi, Gan! Salah satunya adalah kipas angin tanpa baling-baling atau Bladeless Fan, yaitu sebuah produk paling mutakhir abad ini. 

Seperti yang Agan dan Sista ketahui bersama, selama ini yang namanya kipas angin pasti memiliki baling-baling untuk menciptakan hembusan udara. Lain halnya dengan Bladeless Fan ini yang sama sekali nggak menggunakan baling-baling untuk membuat hembusan udara. Lalu, gimana cara kerja Bladeless Fan sampe bisa menyemburkan hembusan udara tanpa baling-baling?

Untuk itu pada postingan kali ini, Blog Cekidot, Gan! pengen berbagi sedikit informasi mengenai Bladeless Fan - Kipas Angin Tanpa Baling-Baling berikut cara kerja.

Nyok, kita langsung aja simak bareng ulasannya, Gan.

Bladeless Fan atau Kipas Angin Tanpa Baling-Baling ini merupakan hasil karya seorang jenius muda yaitu, James Dyson yang sebelumnya pernah menghasilkan karya mutakhir lainnya yaitu, Vacum Cleaner Tanpa Kantung. Kipas angin tanpa baling-baling hasil karyanya ini diklaim mampu menghasilkan hembusan angin lebih dari 5,28 galon udara perdetiknya berkat kombinasi teknologi turbocharger dan prinsip kerja mesin jet pada pesawat terbang sehingga mampu menghasilkan hembusan udara yang kuat. Jadi, bisa dibilang kipas angin tanpa baling-baling ini merupakan kipas yang prinsip kerjanya sama dengan mesin jet pada pesawat terbang....ckckckckck

kipas tanpa baling-baling

Kalu kipas angin konvensional mengandalkan baling-baling untuk menangkap udara dan menghembuskannya ke depan, pada Bladeless Fan, udara akan dihisap masuk ke dalam silinder oleh motor mini yang terpasang didalamnya, yang kemudian dengan motor tersebut, udara didorong kedalam lubang-lubang berongga melewati celah-celah yang di disain sebagaimana layaknya sebuah mesin jet untuk mempercepat aliran udara didalamnya. Selanjutnya dengan teknologi yang disebut dengan "Dyson Air Multiplier " dan melalui proses yang disebut dengan "entrainment", udara dengan aliran cepat didalam lingkaran besar akan didorong maju kedepan untuk menciptakan hembusan angin yang dapat diperkuat hingga 15 kali kuatnya.

kipas angin tanpa baling-baling

Selain kecanggihan seperti yang ane uraikan diatas, beberapa keuntungan kalu kita menggunakan kipas angin tanpa baling-baling ini adalah:
  1. Kagak perlu capek-capek dalam membersihkannya, Gan! Karena Bladeless Fan kagak punya baling-baling. Palingan cuma lap-lap dikit doang. :D 
  2. Hembusan anginnya bisa diatur melalui saklar putar yang disebut dimmer (biasa dipake untuk mengatur terang dan redupnya lampu)
  3. Kagak berisik meski pada awal penggunaan akan menghasilkan sedikit suara bising, tapi setelah beberapa menit suara bising tersebut bakal hilang. Tapi, suara bisingnya kagak sebising pesawat jet beneran, gan! :p
Gimana? Minat beralih dari kipas angin konvensional ke kipas angin tanpa baling-baling, Gan? Udah banyak juga tuh yang jual. Kalu ane pribadi lebih suka kipas angin alam, Gan! :o: 

Semoga bermanfaat.

4 comments


Top